Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Rambut adalah mahkota bagi tiap wanita. Hal ini penting karena rambut menunjang penampilan bagi para wanita. Memiliki rambut yang cantik, tebal dan indah mirip artis di iklan sampo tentunya pasti ada yang ingin seperti itu.  Rambut tebal merupakan indikator kecantikan dan kesehatan pada rambut. Jika rambut terlihat rontok, maka hal ini merupakan mimpi buruk untuk wanita.

Sebenarnya rambut rontok itu hal yang wajar. Jika rambut yang rontok tidak banyak, sekitar 50 atau 100 helai perhari masih dianggap wajar. Namun jika lebih, maka anda perlu memeriksanya. Nah Ladies, apakah anda tahu apa penyebab rambut rontok ? Apakah Ladies sudah mengantisipasinya jika rambut Ladies nanti akan rontok ?

Dilansir dari huffingtonpost.com, ada beberapa penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Faktor Genetik

Genetik merupakan faktor dari bawaan lahir.Artinya, ada wanita yang memang terlahir memiliki rambut yang indah dan tebal. Ada lagi yang memiliki rambut tipis dan jarang. Cara mengatasinya adalah dengan mencoba perawatan untuk menebalkan rambut. Dengan memberi nutrisi pada rambut, maka dapat memperkecil parahnya kerontokan pada rambut

2. Faktor Hormon

Faktor perubahan yang terjadi pada hormon bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Perubahan hormon bisa saat menstruasi, hamil, puber, menggunakan pil KB atau saat melahirkan.  Cara mengatasiny adalah meminta saran dari doktet jika hal ini benar parah. Dokter akan memberikan resep obat untuk menghentikan kerontokan pada rambut. Jika kerontokan rambut tidak parah,
maka anda cukup banyak makanan yang sehat untuk nutrisi rambut

3. Kebiasaan Mengikat Rambut dengan Keras

Kebiasaan mengikat rambut dengan keras dapat menyebabkan kerontokan Bukan hanya menarik rambut dari akarnya, namun dapat membuat kepala sakit dan pening. Sebaiknya jika ingin mengikat rambut,gunakan karet rambut atau pakai penjempit rambut.

4. Kekurangan Zat Besi dan Vitamin D

Makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin D bukan hanya diperlukan untuk tubuh namun juga untuk rambut. Nutrisi ini penting untuk memperkuat akar dan batang rambut

5. Menjalani Pengobatan

Jika anda sering menjalani pengobatan seperti kemoterapi atau pengobatan lain, maka cenderung untuk merontokkan rambut. Efek kimiawi pada obat akan mempengaruhi pertumbuhan rambuut dan melemahkan sel kulit kepala.

Jadi, jika ada kebiasaan diaatas yang sering dilakukan, sebaiknya dihindari. Dan coba konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk rambut agar mencegah kerontokan rambut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *