Cara Membersihkan Kulit Wajah

Cara Membersihkan Kulit Wajah. Hal yang paling penting diperhatikan adalah kebersihan wajah kulit. Merawat kulit bukan hal yang rumit, tetapi harus dilakukan secara teratur. Anda perlu membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, serta setelah berolahraga. Membersihkan wajah berguna untuk menghilangkan minyak, kotoran, keringat dan sel-sel kulit mati.

Cara Membersihkan Kulit Wajah

Bila wajah tidak dibersihkan, minyak yang menempel dengan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit akan menyumbat pori-pori dan menjadi jerawat. Meskit jerawat biasanya tumbuh pada pria remaja, tapi kadang-kadang jerawat timbul pada pria usia di atas 30-an. Jerawat bisa timbul bila kita kurang cermat dalam membersihkan wajah, stres, kurang tidur atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Bila jerawat muncul jangan memiji-mijit jerawat karena dapat menyebabkan infeksi dan membuat kulit berlubang yang sukar dihilangkan bekasnya.

Pembersih wajah ada yang berbentuk sabun, foam, gel atau lotion. Bila kulit wajah Anda terasa kencang setelah dibersihkan dengan sabun, itu disebabkan kadar alkalin yang terlalu tinggi dalam sabun. Pilihlah sabun yang bertuliskan pH balance agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Jangan menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah karena sabun mandi dapat mengurangi minyak alami kulit wajah. Tingkat keasaman (pH) alami kulit sekitar 5,5. Foam, sabun muka, atau gel yang dibuat khusus untuk membersihkan wajah memiliki pH yang cocok dengan pH alami kulit.

Bila Anda memilih pembersih wajah yang berbentuk lotion, gunakan selalu toner atau penyegar yang membeningkan kulit setelah kulit dibersihkan dengan cleanser. Meskipun toner membuat kulit terasa lembap, namun kulit tetap perlu diberi pelembap (moisturizer) untuk mengurangi garis-garis halus dan kerut pada wajah serta melembutkan kulit, terutama bagi jenis kulit kering.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *